SOLOPOS.COM - Fakultas Hukum dan Bisnis Universitas Duta Bangsa (UDB) Surakarta menggelar seminar nasional bertajuk Bisnis Kreatif dan Inovatif Menuju Ekspor, di  Balroom 1 Universitas Duta Bangsa Surakarta Kampus Pusat,  Jumat (7/6/2024). (Istimewa)

Solopos.com, SOLO — Fakultas Hukum dan Bisnis Universitas Duta Bangsa (UDB) Surakarta menggelar seminar nasional bertajuk Bisnis Kreatif dan Inovatif Menuju Ekspor, di  Balroom 1 Universitas Duta Bangsa Surakarta Kampus Pusat,  Jumat (7/6/2024). Seminar menghadirkan para pelaku bisnis, akademisi, dan profesional dari berbagai sektor industri kreatif di Indonesia.

Acara ini bertujuan untuk memberikan wawasan dan strategi kepada para peserta tentang cara mengembangkan bisnis kreatif yang berdaya saing di pasar internasional. Seminar ini dilaksanakan secara blanded yang diikuti 510 mahasiswa baik online maupun offline. Seminar ini merupakan bagian dari rangkaian program agenda tahunan Fakultas Hukum dan Bisnis UDB Surakarta sebagai implementasi dari mata kuliah Kewirausahaan, yang berkomitmen untuk mendukung pertumbuhan industri kreatif di Indonesia melalui berbagai kegiatan edukatif dan kolaboratif.

Promosi Hadir di Korea Selatan, BRI Sediakan Layanan Keuangan untuk Diaspora dan PMI

Dalam sambutannya, Assoc. Prof. Dr. Singgih Purnomo, MM selaku Rektor Universitas Duta Bangsa Surakarta yang juga menjadi salah satu narasumber menyampaikan pentingnya inovasi dalam mendorong pertumbuhan bisnis di era globalisasi.

“Indonesia memiliki potensi besar dalam industri kreatif dan dengan memanfaatkan kreativitas dan inovasi, kita dapat meningkatkan daya saing produk-produk lokal di pasar internasional,” ujarnya.

Seminar menghadirkan sejumlah narasumber ahli di bidangnya, antara lain Prof. Dr. Singgih Purnomo, MM (Rektor Universitas Duta Bangsa Surakarta), yang memberikan insight tentang peran teknologi dalam pengembangan produk kreatif bagi mahasiswa, Rina Sulistyaningsih, S.S (Owner Lintang Kejora Gift) yang membahas tentang strategi memulai usaha bisnis dan ekspor untuk UMKM kreatif, kemudian Sigit Gunawan, S.Kom (Owner SG Computer dan Ketua KPTIK Jateng), yang memaparkan mengenai warkop digital dan pentingnya branding dan pemasaran digital dalam mencapai pasar global.

Selain sesi presentasi, seminar ini juga dilengkapi diskusi panel dan sesi tanya jawab yang interaktif. Para peserta dapat berkonsultasi langsung dengan para narasumber. Banyak peserta yang menyatakan antusiasmenya terhadap wawasan dan pengetahuan baru yang mereka peroleh, yang diharapkan dapat diterapkan dalam bisnis mereka masing-masing.

“Kami sangat berterima kasih kepada seluruh narasumber dan peserta yang telah berpartisipasi dalam seminar ini. Kami berharap acara ini dapat menjadi langkah awal bagi para pelaku bisnis kreatif untuk memperluas jangkauan pasar mereka hingga ke tingkat internasional,” kata ketua panitia, Erna Chotidjah Suhatmi, SE.,M.Ak.

Tidak hanya seminar nasional, Fakultas Hukum dan Bisnis UDB Surakarta juga melaksanakan kegiatan Lomba Bisnis Kreatif seusai seminar. Para peserta diberi kesempatan secara langsung untuk membuat cenderamata (kerajinan) di depan dewan juri yang terdiri dari para ahli industri, akademisi, dan pengusaha sukses.

Puncak acaranya adalah pengumuman pemenang Lomba Bisnis Kreatif 2024, yang dipilih berdasarkan inovasi dan ide kreatif. Lomba Bisnis Kreatif 2024 ini diharapkan dapat menjadi ajang tahunan yang terus mendukung pertumbuhan industri kreatif di Indonesia, menghubungkan ide-ide segar dengan peluang nyata, dan memperkuat ekosistem kewirausahaan di Tanah Air.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya