SOLOPOS.COM - Koran Solopos edisi Jumat (28/6/2024).

Solopos.com, SRAGEN—Harian Umum Solopos edisi hari ini, Jumat (28/6/2024), mengusung headline tentang Pilkada 2024 berpeluang diwarnai pertarungan dua pasangan calon atau head to head di beberapa daerah di Soloraya. Hal ini didorong mengerucutnya kekuatan partai politik (parpol) menjadi hanya dua poros koalisi.

Diberitakan Solopos hari ini, salah satu daerah yang berpeluang mengalami pertarungan dua pasangan calon dalam Pilkada 2024 adalah Sragen. Dua poros koalisi parpol telah terbentuk dan masing-masing telah memiliki kandidat potensial. Poros pertama merupakan koalisi Partai Gerindra dan Partai Demokrat dan poros kedua Partai Golkar dan Partai Amanat Nasional (PAN).

Promosi Kolaborasi BRI dan Telkomsel Hadirkan Ekosistem Finansial dan Digital

Empat parpol tersebut bersepakat menjadi satu poros untuk memenangi Pilkada Sragen 2024. Empat parpol tersebut merupakan parpol-parpol yang sebelumnya tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM) pada Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024. Pertemuan empat parpol itu dihadiri para pimpinan dan fungsionaris parpol masing-masing di Enten Coffee and Eatery, Sragen, Rabu (26/6/2024) malam.

Partai Golkar diwakili Ketua DPD II Partai Golkar Sragen Pujono Elli Bayu Efendi bersama Sekretarisnya Sri Pambudi. Dari Partai Gerindra diwakili Ketua Desk Pilkada DPC Partai Gerindra Sragen Joko Supriyanto. Ada pula Ketua DPC Partai Demokrat Sragen Budiono Rahmadi, Sekretaris Hardiyana, serta dua fungsionaris Partai Demokrat Asita dan Heru Hernando. Selain itu, ada Ketua DPD PAN Sragen Basuki bersama pengurus PAN Widodo.

Mereka berdiskusi secara ter­tutup selama dua jam di kafe tersebut. Mereka masih mem­bawa nostalgia KIM yang mengusung Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka pada Pilpres 2024. “Malam ini, pimpinan empat parpol, Golkar, Gerindra, Demokrat, dan PAN, berembuk bareng untuk persiapan menghadapi Pilkada Sragen. Intinya, kami pengin bersama-sama membentuk koalisi untuk pemenangan pilkada 2024,” kata Bayu kepada wartawan, Rabu malam.

Pelajar Soloraya Merayakan Keberagaman

SOLO—Pesan penghormatan terhadap ke­beragaman dalam kehidupan menggema dari Festival Jurnalisme Toleransi Keberagaman yang digelar Solopos Institute di Pendapi Gede, Balai Kota Solo, Kamis (27/6/2024). Penanaman nilai itu dimulai dari dunia pendidikan.

Kegiatan itu merupakan puncak dari serang­kaian workshop jurnalisme keberagaman dan pembuatan karya yang dilaksanakan selama 10 bulan terakhir. Rangkaian kegiatan itu melibatkan ratusan siswa dan guru dari 12 sekolah di Soloraya. Diseminasi nilai-nilai toleransi dan keberagaman itu dilakukan melalui prinsip-prinsip jurnalisme.

Salah seorang peserta yang juga siswa SMPN 11 Solo, Muhammad Rendhy Septiawan, me­ngatakan pemahamannya mengenai nilai-nilai keberagaman meningkat setelah mengikuti kegiatan tersebut.

Bersiap Harga Obat Naik

JAKARTA–Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengungkap pelemahan rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) bakal berdampak terhadap kenaikan harga jual produk industri farmasi. Saat ini, sebesar 90% bahan baku obat masih mengandalkan impor.

Direktur Jenderal Kefarmasian dan Alat Kesehatan Kemenkes (Dirjen Farmalkes) Rizka Andaluasi mengatakan ketergantungan bahan baku obat dari luar negeri memicu fluktuasi harga jual produk farmasi meskipun kenaikannya tidak langsung. “Tapi, sebetulnya kenaikan harga obat itu bisa ditekan kalau misalnya kita efisiensi di biaya lainnya, seperti misalnya di biaya marketing, biaya distribusi,” kata Rizka saat ditemui di Kompleks DPR, Senin (24//6/2024).

Produsen farmasi dapat menekan beban pada biaya di luar produksi. Harga jual obat juga ditentukan komponen ongkos penjualan, mulai dari distribusi hingga pemasaran. Upaya lain yang dapat dikerahkan untuk menghindari dampak pelemahan rupiah adalah melakukan subtitusi impor bahan baku obat ke alternatif bahan baku lokal.

Rumah Pensiun Jokowi Mulai Dibangun

KARANGANYAR – Rumah hadiah negara untuk Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat pensiun nanti mulai dibangun. Lokasi pendirian rumah tersebut berada di di Jalan Adisucipto tepatnya di Desa Blulukan, Kecamatan Colomadu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

Aktivitas pembangunan berjalan sejak beberapa hari lalu. Camat Colomadu, Dwi Adi Susilo, mengatakan rumah untuk masa pensiun Jokowi dibangun di lahan dengan seluas sekitar 9.000 meter persegi. Lahan itu berada tepat disamping Grandis Barn Resto milik pembalap Rio Haryanto.

“Sudah ada aktivitas pembangunan di lahan itu. Alat berat mulai meratakan tanah dan dipagar bagian depannya pakai bedeng,” kata dia kepada Espos, Kamis (27/6/2024). Dia mengatakan terus memantau pengerjaan proyek pembuatan rumah pensiun untuk Jokowi tersebut. Termasuk memantau kelancaran arus keluar masuk kendaraan proyek ke lokasi pembangunan.

Simak berita di Koran Solopos edisi hari ini, Jumat (28/6/2024), lewat gawai Anda dengan mengakses koran.solopos.com. Untuk memulai berlangganan silakan daftar ke Solopos ID dengan harga mulai Rp9.999. Berlangganan Solopos ID, Anda bisa mengakses berita Koran Solopos lewat gadget, membaca konten khas Solopos.com yaitu Espos Plus, serta menikmati semua berita di Solopos.com tanpa gangguan iklan.

Bila ada pertanyaan atau kendala mengenai Solopos ID, Anda bisa mengakses Pusat Bantuan atau menghubungi WhatsApp pusat layanan pelanggan SoloposID di 081548554656.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya