SOLOPOS.COM - Calon mahasiswa baru saat mengikuti seleksi Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) di Universitas Islam Negeri (UIN) Salatiga, Senin (24/6/2024). (Istimewa)

Solopos.com, SALATIGA – Sebanyak 1.454 calon mahasiswa baru mengikuti seleksi Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) di titik lokasi Universitas Islam Negeri (UIN) Salatiga. UM-PTKIN adalah seleksi nasional yang diadakan oleh Kementerian Agama.

Peserta dapat mengikuti UM-PTKIN di kampus yang menjadi titik lokasi terdekat dengan tempat tinggalnya. Seleksi UM-PTKIN di UIN Salatiga digelar selama empat hari mulai dari Senin-Kamis (24-27/6/2024).

Promosi KUR BRI Dorong Kemajuan Klaster Jambu Kristal di Purworejo

Rektor UIN Salatiga, Prof. Zakiyuddin Baidhawy mengungkapkan rasa syukur atas adanya peningkatan peminat di UIN Salatiga.

“Alhamdulillah ada peningkatan peminat di UIN Salatiga. Menurut data, ada 1.480 peserta yang menjadikan UIN Salatiga sebagai pilihan pertama pada seleksi UM-PTKIN kali ini. Jumlah tersebut tentu lebih banyak dari tahun lalu,” terang Prof. Zakiyuddin, Selasa (25/6/2024).

Dirinya menilai hal itu merupakan cerminan dari keberhasilan membangun citra baik UIN Salatiga pada level regional, nasional, dan internasional.

“Tentu hal ini (kualitas pendidikan dan pembangunan citra baik) akan selalu kami tingkatkan. Perlahan kami akan mengembangkan program studi lainnya, menambah berbagai fasilitas perkuliahan, serta memaksimalkan sosialiasi,” tambahnya.

Hal tersebut sejalan dengan apa yang disampaikan Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Qoumas saat menghadiri acara pembukaan seleksi UM-PTKIN di UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Senin (24/6/2024).

Menag menekankan pentingnya sosialisasi untuk meningkatkan peminat seleksi PMB PTKIN.

“Sejatinya PTKIN itu memiliki nilai plus dibandingkan perguruan tinggi lainnya. Dengan adanya prodi yang menekankan pada aspek agama, PTKIN diharapkan bisa menjadi border moral bagi generasi muda di zaman yang serba border less ini,” kata Yaqut.

Gus Men menilai ada beberapa hal yang bisa dijadikan alat untuk memaksimalkan sosialisasi, seperti penggunaan media sosial dan tawaran beasiswa.

“Maksimalkan kedua hal tersebut dan jadikan value PTKIN makin bersinar dan bisa terlihat oleh calon mahasiswa,” jelas Menag.

Menurut keterangan yang diberikan oleh Ketua Panitia Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru PTKIN 2024, H. Nyanyu Khodijah, seleksi UM-PTKIN 2024 diikuti oleh 58 PTKIN dan satu PTN.

Dari 111.124 peminat, ada 92.252 yang melanjutkan menjadi peserta seleksi UM-PTKIN. Mereka akan berkompetisi untuk merebutkan kursi yang tersedia di 1.306 program studi yang ditawarkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya