SOLOPOS.COM - Biro Kerja sama dan Urusan Internasional (BKUI) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) menggelar 3rd International Cultural Academy Competition (ICAC) 2024 di Gedung Mohammad Djazman, Kampus 1 UMS, pada Senin (10/6/2024).(Istimewa)

Solopos.com, SOLO – Biro Kerja sama dan Urusan Internasional (BKUI) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) menggelar kembali agenda pertukaran dan pengenalan budaya internasional melalui 3rd International Cultural Academy Competition (ICAC) 2024. Kegiatan ICAC 2024 ini digelar di Gedung Mohammad Djazman, Kampus 1 UMS, pada Senin (10/6/2024).

Kepala dari Mobilitas dan Layanan BKUI UMS, Sri Indra Kurnia, S.KM., MPH menerangkan kegiatan ICAC ini memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk memperkenalkan budaya dari berbagai negara di penjuru dunia.

Promosi BRI Bawa Inovasi & Transformasi Digital di Product Development Conference 2024

“ICAC adalah agenda tahunan untuk merayakan perbedaan budaya dan apresiasi untuk kompetisi mahasiswa. Dalam acara ini, mahasiswa dihadirkan bersama dari berbagai negara untuk menunjukkan talent dan pemahaman global mereka,” ujar Sri Indra Kurnia dalam keterangan tertulis.

Pada agenda ini, mahasiswa baik lokal maupun asing akan saling memperkenalkan budaya dan talent mereka melalui parade budaya, fashion show, kuliner, tarian, nyanyian, dan sebagainya.  Selain peserta, mahasiswa ataupun pengunjung dapat mengunjungi booth dekorasi dan mencicipi masakan khas dari negara-negara lain.

Wakil Rektor V UMS Prof. Supriyono , S.T., M.T., Ph.D., dalam kesempatan tersebut menyampaikan terima kasihnya atas animo yang luar biasa dari peserta. Sebanyak 137 peserta mahasiswa asing dari 30 negara dari 29 perguruan tinggi ikut serta dalam agenda tahunan ini.

“Kegiatan ini sebenarnya ditujukan untuk seluruh mahasiswa internasional yang sedang belajar di Indonesia dari berbagai universitas untuk bergabung dan membangun jejaring. Mengadakan event seperti ini juga ditujukan untuk menajamkan pemahaman global terutama perbedaan budaya, juga untuk saling menghormati atas perbedaan budaya,” terang Supriyono.

Selain mengundang mahasiswa asing, UMS juga mengundang mahasiswa dari Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) UMS untuk ikut menambah keseruan dalam kegiatan ini.

“Alhamdulillah pagi hari ini kita juga mengundang teman-teman yang terlibat dalam PMM yang juga kuliah di ums untuk ikut serta menyemarakan acara pada pagi sampai sore hari ini,” ujar Kepala BKUI UMS., Andy Dwi Bayu Bawono, S.E., M.Si., Ph.D.

Salah satu mahasiswa asal Yaman Basheer Anwar Ibrahim Rajeh, mengungkapkan kesannya terhadap acara ICAC 2024 ini.

“Acara ini bagus karena ini mendukung perbedaan budaya, sehingga semua orang itu menjadi tahu budaya tradisional di negara-negara. Ini juga mendukung pengetahuan kita untuk mengenal budaya,” ujar Basheer, mahasiswa Teknik Kimia UMS itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya