SOLOPOS.COM - Para juara dan perwakilan peserta dalam acara Peksimida Jawa Tengah, di Balairung Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga, Selasa (25/6/2024).(Istimewa)

Solopos.com, SALATIGA — Ajang Pekan Seni Mahasiswa Daerah (Peksimida) Jawa Tengah (Jateng) 2024 tangkai vocal group, berlangsung semarak di Balairung Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga, Selasa (25/6/2024).

Sebanyak 18 peserta vocal group dari berbagai universitas di Jawa Tengah dengan antusias mengikuti acara yang dikemas dalam bentuk perlombaan oleh Badan Pembina Seni Mahasiswa Indonesia (BPSMI) ini.

Selain menjadi tuan rumah, UKSW juga dinyatakan sukses untuk mewakili Jateng ke Pekan Seni Mahasiswa Nasional (PEKSIMINAS) 2024, dengan perolehan Juara 1 melalui penampilan vocal group Lentera Kasih. Sedangkan di posisi kejuaraan lainnya, Juara 2 diraih oleh Universitas Muhammadiyah Purwokerto dan Juara 3 diperoleh Universitas Negeri Semarang.

“Sangat senang. Puji Tuhan perjuangan kami tidak sia-sia dan bisa mewakili Jawa Tengah. Kalau saya sendiri, ini untuk kedua kalinya,” ungkap salah satu anggota Lentera Kasih, Aris Bero yang sebelumnya juga telah tergabung dalam raihan prestasi vocal group UKSW di Peksimida Jateng tahun 2022.

Beberapa perwakilan lainnya yang turut hadir yaitu dari Universitas Katolik Soegijapranata, Institut Seni Indonesia Surakarta, Universitas Sebelas Maret, Universitas Dian Nuswantoro, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Universitas Muria Kudus, dan Universitas Tidar.

Tahun ini, merupakan ketiga kalinya UKSW dipercaya sebagai tuan rumah. Ungkapan terima kasih dengan tulus disampaikan perwakilan Ketua BPSMI Dr. Iswoyo, S.Pt., MP., dalam sambutannya.

“Terima kasih kepada UKSW yang telah berkenan dan sanggup menjadi tuan rumah tangkai vocal group. Kita menargetkan untuk bisa mempertahankan gelar juara umum yang diperoleh pada tahun 2022 di Pekan Mahasiswa Seni Nasional (Peksiminas) 2024. Semoga lewat Peksimida ini, kita bisa menghasilkan perwakilan-perwakilan terbaik dan mempertahankan gelar juara,” ucapnya.

Rektor UKSW Prof. Dr. Intiyas Utami, S.E., M.Si., Ak., tidak ketinggalan memberikan sambutan hangatnya di hadapan segenap tamu undangan, juri, dosen pembimbing dan pembina setiap universitas, serta puluhan anggota peserta. Ia bangga UKSW dapat menjadi tuan rumah dan mendukung penuh perlombaan yang dianggap memberi ruang terbuka bagi mahasiswa untuk menjadi lebih kreatif dan inovatif.

“Semoga setiap penampilan menjadi pujian dan suara yang indah, membuat semesta ini kian harmoni,” tuturnya.

Pembukaan acara ditandai dengan pemukulan gong oleh Dr. Iswoyo, S.Pt., MP. Selain itu, juga hadir Rektor Ketiga UKSW Willi Toisuta, S.Pd., Ph.D. dan Direktur Direktorat Kemahasiswaan (DEM) UKSW Giner Maslebu, S.Si., S.Pd., M.Si.

Adapun ketiga juri yaitu Marusya Nainggolan, seorang dosen senior bidang musik yang telah dipercaya sebagai juri di berbagai acara bergengsi. Lainnya, Oni Krisnerwinto dengan keterampilannya yang sudah tidak lagi diragukan dalam aransemen dan orkestrasi. Sedangkan Dinar Primasti, merupakan seorang ahli pelatih vokal bagi berbagai paduan suara yang telah menorehkan banyak penghargaan.

Dalam acara yang berlangsung sejak pagi hingga malam hari tersebut, ketiga juri memberikan penilaian. Aspek penilaiannya sendiri meliputi materi suara, teknik vokal atau aransemen, interpretasi, dan ekspresi.

Dukung Talenta Mahasiswa

Di panggung Balairung UKSW, para peserta membawakan dua pilihan lagu yaitu lagu pilihan daerah dan lagu pilihan wajib karangan para penyanyi Indonesia. Berbagai jenis alat musik akustik mulai dari gitar, biola, hingga piano mengiringi lantunan suara merdu setiap vocal group yang terdiri dari putra, putri, maupun gabungan ini.

Keberagaman budaya Indonesia semakin terpancar di atas panggung, lantaran kostum khas berbagai daerah mendukung penampilan terbaik setiap peserta.

Koordinator Peksimida Jateng 2024 tangkai vocal group di UKSW sekaligus staf ahli vocal group Peksimida Jateng 2024, Juanita Theresia Adimurti, S.Sn., M.Pd., menyampaikan apresiasinya atas pengadaan perlombaan bersifat tahunan yang diselenggarakan oleh pemerintah ini.

Menurutnya, Peksimida merupakan ajang penyaluran talenta mahasiswa di bidang seni khususnya dalam hal ini adalah olah suara.

“Perguruan tinggi lainnya yang non seni bahkan juga bisa mengeluarkan talentanya karena ada wadahnya. Saya mengakui pemerintah memperhatikan talenta mahasiswa dalam bidang seni,” katanya.

Sebagai tuan rumah, Juanita turut menyampaikan tanggung jawab UKSW untuk memfasilitasi semaksimal mungkin sarana yang mendukung kenyamanan maupun penampilan peserta. Tidak sebatas fasilitas fisik, namun juga menghadirkan para juri berkompeten.

“Perguruan Tinggi lain mempercayakan kita sebagai tuan rumah karena kita bisa menghadirkan juri berkompeten, bahkan membawakan juri untuk Peksiminas 2024. Ada juga juri yang berpengalaman dan mempunyai orkestra untuk Indonesia Idol serta komposer muda berprestasi asal Malang,” terangnya.

Vocal group merupakan salah satu dari 21 tangkai bidang perlombaan dalam Peksimida Jateng 2024 yang berlangsung sejak 11 Juni hingga 31 Juli 2024 mendatang.

Selanjutnya, pemenang dari setiap tangkai lomba termasuk vocal group UKSW akan mewakili Jateng di PEKSIMINAS 2024 pada bulan September 2024 mendatang, diadakan di Universitas Negeri Jakarta (UNJ).

 

Rekomendasi
Berita Lainnya