SOLOPOS.COM - Orang tua calon peserta didik melakukan konsultasi di Posko Aduan, Kantor Dinas Pendidikan Kota Solo, Selasa (26/6/2024). (Solopos.com/Dhima Wahyu Sejati)

Solopos.com, SOLO—-Orang tua atau wali dari calon peserta didik (CPD) masih mengalami kebingungan ketika membuat akun. Pembuatan akun Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) peringkat SMP jalur afirmasi dimulai Senin (24/6/2024) hingga Rabu (26/6/2024).

Pantuan Solopos.com, orang tua CPD kebanyakan membuat akun di sekolah tujuan. Sementara itu di Posko Aduan kantor Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Solo juga banyak didatangi oleh orang tua CPD.

Promosi Kolaborasi BRI dan Telkomsel Hadirkan Ekosistem Finansial dan Digital

Salah satu orang tua CPD asal Mojosongo, Jebres, Sarjono, 43, mengaku kesulitan membuat akun untuk mendaftarkan anaknya ke jenjang SMP. Akhirnya dirinya dibantu oleh pihak sekolah yang dituju. 

“Kebingungan ya, karena kan sekarang pakai akun. Bingungnya ya pas proses pembuatannya itu, terus akhirnya minta bantuan ke sekolah [tujuan],” kata dia ketika berbincang dengan Solopos.com di kantor Disdik Kota Solo, Selasa (25/6/2024).

Namun, terdapat kendala ketika dirinya akan mendaftarkan anaknya melalui website. Dia mengatakan terdapat kendala teknis. Di data yang tertera, tertulis anaknya memiliki dua alamat yang berbeda. Sehingga harus dicabut salah satu agar bisa memilih sekolah.

“Dulu kan rumahnya di [kelurahan] Kemlayan, lalu saya ini pindah rusun di Mojosongo. Terus di datanya itu ternyata ikut Kemlayan dan Mojosongo, nah ini ke sini [Kantor Disdik] untuk mencabut salah satu,” kata dia.

Dia mengatakan dirinya akan mendaftarkan anaknya ke SMPN 10 Solo lantaran dekat dengan rumah. Sarjono mendaftar melalui jalur afirmasi.

Dia berharap proses pendaftaran sekolah bisa berjalan tanpa kendala. Dia ingin seluruh proses yang dia tempuh bisa dipermudah sehingga anaknya bisa melanjutkan sekolah ke jenjang SMP.

Sekretaris Disdik Kota Solo, Abdul Haris Alamsyah, mengatakan setiap tahun memang banyak orang tua CPD yang kebingungan terkait pembuatan akun sampai proses pendaftaran sekolah.

Haris mengatakan banyak orang tua CPD datang ke Kantor Disdik untuk melakukan konsultasi sejak pembuatan akun untuk jalur afirmasi dibuka. Dia menambahkan pada dasarnya orang tua bisa meminta bantuan ke sekolah yang dituju.

Namun, Disdik juga membuka Posko Aduan untuk memfasilitasi pendaftar yang menghadapi masalah teknis.

“Kadang-kadang ada orang tua yang ingin ke sini, prinsipnya di dinas kami tetap sediakan posko aduan. Walaupun di masing-masing sekolah ada posko aduan dan orang tua bisa minta tolong untuk membuat akun sampai mendaftar sekolah,” kata dia. 

Perlu diketahui kuota jalur afirmasi tingkat SMP sebesar 35%. Sedangkan saat ini sedang proses membuat akun di laman ppdb.surakarta.go.id, pada 24-26 Juni 2024. Lalu Pendaftaran sekolah jalur afirmasi jenjang SD dan SMP negeri pada 26-28 Juni 2024. Sedangkan pengumuman hasil jalur afirmasi pada 2 Juli 2024.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya