SOLOPOS.COM - Perdana Menteri (PM) Slovakia Robert Fico. (Istimewa)

Solopos.com, JAKARTA — Perdana Menteri (PM) Slovakia Robert Fico telah ditembak beberapa kali hingga berakhir terluka parah dalam upaya pembunuhan oleh orang tak dikenal.

Melansir dari Al Jazeera via Bisnis.com, penembakan tersebut diduga didalangi “motif politik” ketika meninggalkan pertemuan pemerintah, kata menteri dalam negeri.

Promosi Selamat, BRI Raih Dua Penghargaan di CNN Indonesia Awards Bali 2024

Fico ditembak oleh pria bersenjata sebanyak lima kali dan sedang menjalani operasi darurat, Menteri Dalam Negeri Matus Sutaj Estok mengatakan pada jumpa pers pada hari Rabu (15/5/2024).

“[Upaya] pembunuhan ini bermotif politik dan keputusan pelaku diambil setelah pemilihan presiden,” kata Sutaj Estok, mengacu pada pemilu bulan April yang dimenangkan oleh sekutu Fico.

Polisi telah menangkap seorang tersangka dan penyelidikan awal menemukan “motivasi politik yang jelas” di balik upaya pembunuhan tersebut, kata Sutaj Estok.

Penembakan di kota Handlova di Slovakia tengah telah mengejutkan negara Eropa tengah dan menuai kecaman internasional.

Penembakan itu terjadi setelah Fico menghadiri pertemuan pemerintah di Handlova. Perdana menteri dilarikan ke rumah sakit di kota tersebut dan kemudian diangkut dengan helikopter ke kota Banska Bystrica untuk perawatan segera.

Presiden Zuzana Caputova mengutuk serangan “brutal dan kejam” terhadap perdana menteri.

“Saya terkejut. Saya berharap Robert Fico mendapat banyak kekuatan di momen kritis ini dan cepat pulih dari serangan ini,” kata Caputova.

Presiden terpilih Peter Pellegrini, sekutu Fico, menyebut upaya pembunuhan itu sebagai “ancaman yang belum pernah terjadi sebelumnya terhadap demokrasi Slovakia”.

“Jika kita mengekspresikan pendapat politik lain dengan pistol di lapangan, dan bukan di tempat pemungutan suara, kita membahayakan segala sesuatu yang telah kita bangun bersama selama 31 tahun kedaulatan Slovakia,” kata Pellegrini.

 

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Motif Penembakan PM Slovakia Terungkap, Diduga karena Oposisi Politik”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya