SOLOPOS.COM - Pilkada Serentak 2024. (ANTARA/Afif)

Solopos.com, JAKARTA — Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Hadi Tjahjanto mengingatkan jajaran TNI dan Polri untuk menyiapkan pengamanan untuk dua pilkada.

“Biasanya kalau pilkada ini dilaksanakan dua kali. Mudah-mudahan sekali saja. Dua kali artinya apa? Biasanya dilaksanakan di daerah, yang kedua di MK (Mahkamah Konstitusi),” kata Hadi dalam Rapat Koordinasi Kesiapan Penyelenggaraan Pilkada Serentak 2024 Wilayah Kalimantan, Sulawesi, dan Maluku yang disaksikan dari Jakarta, Rabu (26/6/2024).

Promosi Kliring Berjangka Indonesia Gandeng BRI sebagai Bank Penyimpan Dana Margin

Hadi merujuk pelaksanaan pilkada di MK adalah saat lembaga tersebut menyelenggarakan sidang perkara hasil Pilkada 2024.

“Itulah TNI-Polri di sini hadir. Ini harus mewaspadai pengamanan pada saat pilkada sebenarnya, dan pengamanan pada waktu sidang MK. Di daerah kesiapan pasukan TNI-Polri benar-benar harus mengawal, sehingga di daerah pun aman,” ujarnya seperti dilansir Antara.

Sementara itu, ia mengharapkan penyelenggaraan Pilkada 2024 dapat dilaksanakan dengan aman, damai, jujur, dan adil.

“Tentunya kita mengharapkan dalam setiap tahapan Pilkada 2024 akan berjalan dengan lancar dan aman tanpa adanya kendala apa pun dalam pelaksanaannya, di samping pasca-pilkada juga aman semuanya,” harapnya.

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa tahapan Pilkada 2024 telah berlangsung, dan saat ini sedang dalam proses pemenuhan persyaratan dukungan pasangan calon perseorangan sejak 5 Mei 2024 hingga 19 Agustus 2024.

“Dan selanjutnya, seluruh tahapan akan terus bergulir hingga pelaksanaan pemungutan suara dan ditutup dengan penghitungan suara,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya