SOLOPOS.COM - Rektor Institut Teknologi Sains dan Kesehatan (ITS) PKU Muhammadiyah Surakarta, Weni Hastuti, M.Kes, Ph.D. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO–Rektor Institut Teknologi Sains dan Kesehatan (ITS) PKU Muhammadiyah Surakarta, Weni Hastuti, M.Kes, Ph.D., dinobatkan sebagai Pimpinan Perguruan Tinggi Terbaik se-Jawa Tengah Kategori Student Body 3.000 Mahasiswa, belum lama ini.

Penghargaan itu merupakan penghargaan ajang Anugerah Academic Leader 2024 yang diinisasi oleh Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah VI Jawa Tengah.

Promosi Penawaran Dimulai, Ini Keunggulan dan Cara Beli SBN 2024 Lewat BRImo

Weni Hastuti menyampaikan penghargaan itu merupakan penghargaan Anugerah Academic Leader LLDikti Wilayah VI Jawa Tengah pertama dan tertinggi yang diraih ITS PKU Muhammadiyah Surakarta. Ini menunjukkan ITS PKU Muhammadiyah memiliki kualitas yang melebihi perguruan tinggi lain.

Bagi Weni, penghargaan ini menjadi wujud pengakuan masyarakat melalui LLDikti Wilayah VI Jawa Tengah terhadap ITS PKU Muhammadiyah Surakarta. Ini dapat berdampak sangat positif bagi kampus seperti dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat. Sehingga, ITS PKU Muhammadiyah Surakarta menjadi pilihan terbaik bagi lulusan SMA/SMK.

“Kami sangat bersyukur. Ini menjadi motivasi kami lebih tinggi lagi untuk mencapai prestasi-prestasi yang lebih baik dan meningkatkan kinerja,” ucap Weni, Selasa (11/6/2024).

Dia menjelaskan ada dua aspek yang dinilai dalam Anugerah Academic Leader bagi dosen dengan tambahan tugas sebagai rektor.

Aspek itu yakni rekam jejak/kinerja pribadi yang menyangkut Tridarma Perguruan Tinggi serta prestasi akademik dan nonakademik. Porsi penilaian aspek tersebut 40%. Aspek lainnya adalah rekam jejak institusi yang porsi penilaiannya 60%.

Penilaian aspek rejam jejak institusi mencakup peningkatan kualitas/status akreditasi, peningkatan jumlah doktor, guru besar, publikasi ilmiah, jejaring, dan penilaian indikator kinerja utama (IKU).

“Kami bersyukur mendapat pengharagaan ini, tapi tentu belum puas. Banyak hal yang harus diperbaiki. Bukan hanya untuk meraih penghargaan tetapi untuk menjaga kepercayaan masyarakat yang diberikan kepada kami [ITS PKU Muhammadiyah Surakarta],” ujar Weni.

Dia melanjutkan ITS PKU Muhammadiyah Surakarta meraih banyak prestasi pada 2024 dan tahun-tahun sebelumnya. Prestasi itu tidak hanya secara kelembagaan/institusi, tetapi juga secara individu yang diraih dosen dan mahasiswa, baik tingkat lokal, regional, nasional maupun internasional.

Prestasi itu seperti ITS PKU Muhammadiyah Surakarta sebagai Kampus Kesehatan Terbaik SBBI Solopos Media Group 2022 dan 2023.

Penghargaan itu membawa dampak sangat positif, seperti meningkatkan kepercayaan masyarakat sehingga ITS PKU Muhammadiyah Surakarta menjadi pilihan utama bagi yang ingin menempuh pendidikan di bidang kesehatan dan teknologi sains.

“Kami punya target. Dalam jangka pendek, kami akan menambah fakultas, yakni Fakultas Sosial dan Humaniora. Di dalamnya ada Jurusan S1 Hukum, Psikologi, dan Manajemen. Secara kelembagaan kami juga akan berubah menjadi universitas melalui merjer dengan PTS [perguruan tinggi swasta] di Palembang,” ulas Weni.

Sementara itu, dalam jangka menengah ITS PKU Muhammadiyah akan menata sarana dan prasarana. Upaya itu untuk mencapai target jangka penjang, yakni ITS PKU Muhammadiyah Surakarta mendapat akreditasi unggul.

ITS PKU Muhammadiyah Surakarta akan menjawab tantangan ke depan yang semakin berat seiring banyaknya kompetitor dengan kualitas masing-masing. “Tapi kami tetap optimistis karena kami memiliki sumber daya yang luar biasa,” tutur Weni.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya