SOLOPOS.COM - Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga siap mengadakan Gelar Inovasi Harmoni Nusantara (GIHN) dengan pada Selasa hingga Kamis (25-27/6/2024).(Istimewa)

Solopos.com, SALATIGA — Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga siap menggelar acara spektakuler bertajuk Gelar Inovasi Harmoni Nusantara (GIHN) dengan tema “Menumbuhkembangkan Kepemimpinan yang Kreatif, Inovatif, dan Berdaya Dampak” pada Selasa hingga Kamis (25-27/6/2024).

Kegiatan ini akan berlangsung di berbagai lokasi strategis di UKSW, termasuk stage utama di depan Gedung Administrasi Pusat (GAP), Halaman Rumah Noto, Balairung Universitas, dan Lapangan Sepak Bola. Acara akan dimulai pukul 08.00 WIB setiap harinya.

Direktur Direktorat Inovasi dan Kewirausahaan (DIK) UKSW, Dr. Linda Ariany Mahastanti, S.E., M.Sc., menjelaskan kegiatan tersebut terbuka untuk umum dan gratis.

GIHN 2024 akan dibuka pada Selasa (25/6/2024) oleh Rektor UKSW Prof. Dr. Intiyas Utami, S.E., M.Si., Ak.
Pada hari pertama, GIHN akan diisi dengan pameran inovasi dan festival Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dari UKSW dan sejumlah universitas di Jawa Tengah.

Puluhan stand Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di bidang makanan, minuman, dan industri kreatif, Dance “Harmoni Nusantara”, presentasi riset unggulan, pertunjukan musik, serta penampilan Mutiara Timur Choir turut meramaikan acara.

Hari kedua GIHN, Rabu (27/6/2024) akan diisi dengan Indonesian Leaders Lounge bertema “Muda Berpengaruh: Saya Bagi Negeri”. Acara ini akan memberikan kontribusi nyata dalam membangun budaya inovasi untuk memecahkan berbagai masalah di masyarakat, dengan menghadirkan tokoh-tokoh nasional seperti Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Indonesia, Jend. TNI (HOR) (Purn.) Luhut Binsar Pandjaitan, M.P.A., Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Dr. H. Sandiaga Salahuddin Uno, B.B.A., M.B.A., Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah Sumarno, S.E., M.M., dan Executive Producer & News Anchor Kompas TV, Timothy Marbun.

Seminar Leadership bertajuk “Leading with Innovation and Influence: Gen Z Navigating Challenging Times” bersama Akademisi dan Praktisi Bisnis Prof. Renald Kasali, Ph.D., juga akan mengisi kemeriahan GIHN di hari kedua.

Mengembangkan Creative Minority

Semakin meriah, pada hari ketiga, Kamis (27/06/2024) GIHN akan diisi dengan Teras Rektor dan UKSW Fashion Day: Mahkota Budaya Indonesia yang akan dihadiri oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Nadiem Anwar Makarim, B.A., M.B.A. Teras Rektor akan membahas ide-ide inovasi dari perguruan tinggi untuk mendukung program pemerintah, dengan partisipasi dari rektor-rektor universitas terkemuka di Indonesia.

Para rektor yang akan hadir di antaranya adalah Rektor UKSW Prof. Dr. Intiyas Utami, S.E., M.Si., Ak.; Rektor Universitas Gadjah Mada (UGM) Prof. dr. Ova Emilia, M.Med.Ed., Sp.OG(K)., Ph.D.; Rektor Universitas Nusa Cendana (Undana) Prof. Dr. drh. Maxs U. E. Sanam, M.Sc.; Rektor Universitas Pertahanan Republik Indonesia (Unhan RI), Letnan Jenderal TNI Jonni Mahroza, Ph.D.; Rektor Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) Prof. Dr. Ir. Gunawan Budiyanto, M.P., IPM., ASEAN.Eng.; Rektor Universitas Katolik Parahyangan (Unpar) Prof. Ir. Tri Basuki Joewono, Ph.D.; Rektor Universitas Diponegoro (Undip) Prof. Dr. Suharnomo, S.E., M.Si., dan Rektor TEL-U Prof. Dr. Adiwijaya, S.Si., M.Si.

Penutupan GIHN akan menampilkan “Young Leader POV: Karya dan Bangsaku Bersama” dengan menghadirkan VP Strategic Business Development Group dari PT INTI PERSERO, Feris Ardianto, S.Mn., RFP., CIBA., diaspora dan ilmuwan neurosains dari Institute for Leadership, Innovation, and Advancement Universiti Brunei Darussalam, dr. Rizki Edmi Edison, Ph.D., serta influencer dan content creator ternama, Andovi Da Lopez. Penyanyi jebolan X-Factor Indonesia, Alvin Jo, akan menjadi bintang tamu pada penutupan GIHN.

Linda Ariany Mahastanti menekankan acara ini bertujuan mengembangkan kemampuan kepemimpinan dengan karakter Creative Minority, memperkuat jejaring dan kolaborasi, serta mengidentifikasi masalah dan tantangan masa depan dari perspektif pemimpin.

“Kami mengundang seluruh mahasiswa UKSW, alumni, termasuk fresh graduate, dan masyarakat umum untuk menghadiri acara GIHN ini. Temukan inspirasi dari para pemimpin kreatif, saksikan pameran inovasi terbaik, dan perluas jejaring kolaborasi. Jangan lewatkan kesempatan ini,” ujar Linda Ariany dalam keterangan tertulis.

 

Rekomendasi
Berita Lainnya