SOLOPOS.COM - Kegiatan penyembelihan hewan kurban di halaman kampus ITS PKU Muhammadiyah Surakarta, Rabu (19/6/2024). (Istimewa)

Solopos.com, SOLO–ITS PKU Muhammadiyah Surakarta menggelar penyembelihan hewan kurban pada Iduladha 1445 Hijriah/2024 Masehi pada Rabu (19/6/2024).

Pada 2024, jumlah hewan kurban yang disembelih sebanyak tiga ekor sapi dan tiga ekor kambing. Sebanyak 2 ekor kambing disumbangkan ke pondok pesantren di daerah Boyolali.

Promosi BRI Kenalkan Berbagai Inovasi Unggulan di Kick-Off BUMN AI Center of Excellence

Kegiatan penyembelihan hewan qurban berlangsung di area parkir kampus ITS PKU Muhammadiyah Surakarta dengan melibatkan berbagai pihak, termasuk civitas akademika, mahasiswa, dan warga sekitar lingkungan kampus.

Rektor ITS PKU Muhammadiyah Surakarta, Weni Hastuti, mengungkapkan rasa syukur atas peningkatan jumlah hewan kurban tahun ini.

“Kurban ini sebagai bentuk rasa syukur kita kepada Allah SWT serta sebagai syiar kami di Persyarikatan Muhammadiyah. Sebanyak 1 ekor Hewan kurban merupakan sumbangan dari Shohibul qurban dari Dosen dan Civitas ITS PKU Muhammadiyah Surakarta, serta 2 ekor sapi lainnya dari para donatur kalangan civitas, tenaga pendidik, dan mahasiswa ITS PKU Muhammadiyah Surakarta,” ujar dia dalam rilis yang diterima Solopos.com, Rabu (19/6/2024).

Weni menambahkan bahwa kegiatan ini adalah bagian dari penerapan Corporate Social Responsibility (CSR) kampus kepada warga sekitar.

Wakil Rektor 3 Bidang Kemahasiswaan Suyanto menjelaskan bahwa kegiatan ini bukan hanya sebagai bentuk ibadah, tetapi juga sebagai pembelajaran bagi mahasiswa mengenai proses penyembelihan hewan kurban yang benar.

“Kegiatan ini juga sebagai bentuk kontribusi kami di masyarakat, khususnya di Kelurahan Kadipiro. Kami berharap kegiatan ini dapat menumbuhkan persaudaraan di internal kampus serta meningkatkan kepedulian kampus terhadap masyarakat sekitar,” jelas Suyanto.

Ketua Panitia, Mar’atul Azizah Zahro, menambahkan sebanyak 750 bungkus daging kurban akan dibagikan kepada masyarakat sekitar kampus dan civitas akademika.

“Diharapkan pembagian daging kurban ini dapat menjadi syiar kampus ITS PKU Muhammadiyah Surakarta, yang tidak hanya bergerak di bidang pendidikan tetapi juga dalam pengabdian kepada masyarakat,” katan dia.

Kegiatan kurban ini merupakan salah satu bentuk pengabdian ITS PKU Muhammadiyah Surakarta kepada masyarakat dan upaya untuk menanamkan nilai-nilai keislaman serta kebersamaan di lingkungan kampus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya