SOLOPOS.COM - Rektor ITS PKU Muhammadiyah Surakarta, Weni Hastuti, menunjukkan plakat penghargaan SBBI Awards seusai menerima penghargaan itu di Alila Hotel Solo, Kamis (20/6/2024). ITS PKU Muhammadiyah dinobatkan sebagai Best Brand Kampus Kesehatan atau Kampus Kesehatan Terbaik. (Istimewa).

Solopos.com, SOLO–Institut Teknologi Sains dan Kesehatan (ITS) PKU Muhammadiyah Surakarta kembali menyabet penghargaan.

Kali ini ITS PKU Muhammadiyah Surakarta dinobatkan sebagai Best Brand Kampus Kesehatan atau Kampus Kesehatan Terbaik dalam anugerah Solo Best Brand and Innovation (SBBI) Awards 2024 yang digelar Solopos Media Group (SMG), Kamis (20/6/2024).

Promosi Erick Thohir Apresiasi BRI Masuk Daftar Perusahaan Terbesar Dunia Versi Forbes

Sebelumnya, ITS PKU Muhammadiyah Surakarta memperoleh penghargaan melalui prestasi yang diukir rektor Weni Hastuti, M.Kes, Ph.d. Dia dinobatkan sebagai Pimpinan Perguruan Tinggi Terbaik se-Jawa Tengah Kategori Student Body 3.000 Mahasiswa. Penghargaan itu merupakan penghargaan ajang Anugerah Academic Leader 2024 yang diinisasi oleh Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah VI Jawa Tengah.

Rektor ITS PKU Muhammadiyah Surakarta Weni Hastuti menyampaikan penghargaan sebagai Kampus Kesehatan Terbaik tahun ini merupakan penghargaan SBBI Awards ketiga yang diperoleh secara berturut-turut.

Sebelumnya, perguruan tinggi yang memiliki tagline Kampus Inspiratif Islami Berkemajuan tersebut meraih penghargaan yang sama pada 2022 dan 2023.

Sebagai informasi, SBBI Awards diinisiasi SMG sejak 25 tahun lalu. Ajang itu untuk memberikan penghargaan kepada merek atau brand terbaik di Soloraya.

Penghargaan ini diberikan berdasar hasil riset yang menggunakan konsep brand equity atau kekuatan merek yang diukur menggunakan beberapa variabel, seperti brand awareness, market share, satiscfaction, usage, brand loyalty, dan perceived quality.

Solopos Institute sebagai lembaga riset menyusun instrumen penelitian yang bisa dipertanggungjawabkan. Bagi SMG integritas penyelenggaraan riset SBBI adalah segala-galanya. Riset SBBI 2024 dilaksanakan berbasis digital. Sebelumnya riset berbasis survei secara langsung.

Penghargaan SBBI Awards sangat bermakna bagi ITS PKU Muhammadiyah Surakarta. Weni menyebut penghargaan ini menunjukkan masyarakat mengakui kualitas proses pendidikan maupun output atau lulusan yang dihasilkan ITS PKU Muhammadiyah Surakarta merupakan yang terbaik.

Menurut dia, penghargaan ini berimplikasi positif. Secara internal mampu menambah motivasi untuk meningkatkan kinerja dan kualitas. Secara eksternal penghargaan ini semakin membuktikan ITS PKU Muhammadiyah Surakarta dipercaya masyarakat untuk menghasilkan lulusan terbaik dan berkualitas. Alhasil, animo lulusan SMA/SMK berkuliah di ITS PKU Muhammadiyah Surakarta terus meningkat.

Penghargaan ini secara tak langsung juga meningkatkan kepercayaan lembaga pencari kerja. Mereka tak segan merekrut lulusan ITS PKU Muhammadiyah Surakarta ketika membutuhkan tenaga kesehatan.

“Tentu kami tidak lantas berpuas diri. Kami akan terus meningkatkan kinerja dan kualitas untuk menjaga kepercayaan masyarakat,” ucap Weni, Kamis (27/6/2024).

Dia mengapresiasi penyelenggaraan SBBI Awards yang menurutnya merupakan ajang penghargaan prestisius dan spektakuler di Soloraya sekaligus ditunggu-tunggu masyarakat. Penghargaan SBBI Awards selama ini menjadi rujukan atau semacam rekomendasi untuk melihat brand-brand terbaik di Soloraya.

“Penghargaan ini juga memperkuat branding ITS PKU Muhammadiyah Surakarta sebagai kampus kesehatan,” ujar Weni.

Dia juga mengapresiasi SMG selaku penyelenggara SBBI Awards yang menerapkan survei di platform digital (media online dan media sosial atau medsos). Weni berharap kualitas SBBI Award ke depan bisa dipertahankan dan ditingkatkan, termasuk kualitas proses dan penyelenggaraannya.

Weni menginformasikan selain SBBI Awards dan Academic Leader 2024 ITS PKU Muhammadiyah Surakarta sudah banyak menyabet penghargaan pada tahun ini, baik yang diraih dosen, mahasiswa, dan tenaga kependidikan. Mereka berprestasi di tingkat lokal, regional, nasional, maupun internasional.

Weni menargetkan dirinya meraih Academic Leader 2024 tingkat nasional setelah meraihnya di tingkat Jawa Tengah. Dalam jangka menengah, dia berharap Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) ITS Muhammadiyah Surakarta bisa masuk ke Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya