SOLOPOS.COM - Para pemenang lomba animasi kerja sama Program Sarjana Terapan Animasi Udinus Semarang dan Yamaha dengan title Udinus Animation Competition bertema Moving Forw (Art) with Yamaha Fazzio. (Istimewa)

Solopos.com, SEMARANG–Lomba animasi kerja sama Program Sarjana Terapan Animasi Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang dan Yamaha dengan title Udinus Animation Competition bertema Moving Forw (Art) with Yamaha Fazzio telah sukses terselenggara.

Awarding ceremony kompetisi animasi yang terbuka untuk siswa SMA/SMK, mahasiswa, dan masyarakat umum itu dilaksanakan Senin (24/6/2024) lalu. Perlombaan tercatat diikuti 226 peserta dari berbagai wilayah di seluruh Indonesia.

Promosi Peduli Lingkungan Hidup, Program BRI Menanam-Grow & Green Pulihkan Ekosistem

Terdapat dua kategori yang diperlombakan yakni lomba animasi dan poster ilustrasi. Masing-masing kategori diikuti oleh pelajar SMA/SMK dan sederajat serta mahasiswa dan masyarakat umum. Sesuai dengan temanya, karya dari setiap peserta wajib berkaitan dengan produk Fazzio.

“SDM [sumber daya manusia] di industri animasi Indonesia juga terus berkembang, dan ajang ini menjadi salah satu kontribusi Udinus dalam perkembangannya. Kami juga berkomitmen menghasilkan lulusan yang kompeten di industri animasi, terbukti dengan berbagai prestasi dan pengakuan di tingkat nasional maupun internasional,” papar Ketua Program Sarjana Terapan Animasi Udinus, Khafiizh Hastuti, dikutip Jumat (28/6/2024).

Cief DDS 3 Jateng-DIY PT YIMM, Paul Himawan, mengatakan lomba animasi ini dipastikan akan menumbuhkan animator-animator baru di bidang animasi. Dan nantinya, animator-animator baru ini diharapkan menjadi salah satu animator dengan kualitas dunia, yang dapat mengharumkan nama Indonesia.

“Dan inilah salah satu bakti Yamaha di bidang pendidikan, menumbuhkembangkan bakat-bakat dan memberikan saluran bagi siswa atau mahasiswa sesuai dengan bidang yang ditekuninya,” jelas Paul dalam siaran persnya.

Dia menambahkan, lomba ini diikuti oleh 226 peserta yang berasal dari 21 provinsi. Jumlah ini ternyata meningkat hingga dua kali lipat dari target awal yang hanya membidik 100 peserta. Dari jumlah peserta tersebut, perinciannya adalah 79 peserta 2D/3D animasi SMA/Umum/Mahasiswa dan 147 peserta poster ilustrasi.

Berikut Pemenang Lomba Animasi Yamaha-Udinus Tahun 2024:

Kategori 2D/3D

Tingkat (SMA/SMK):
Juara 1 @sanzah3 (SMK Muhamadiyah 1 Semarang)
Juara 2 @barudak.rommusha (SMK N 1 Boyolangu Tulungagung)

Tingkat Mahasiswa/Umum
Juara 1 @amadeuserlangga dari Yogyakarta
Juara 2 @ev_ee3 dari Udinus
Juara 3 @artbyvieyo dari Udinus

Kategori Poster Illustration

Tingkat (SMA/SMK):
Juara 1@anandarma_ dari SMA 3 Yogyakarta
Juara 2 @nap.dhp0 dari MAN 2 Kab. Semarang
Juara 3 @y.aluunn dari SMA 1 Taruna Madani Jawa Timur

Tingkat Mahasiswa/Umum:
Juara 1 @sepvira.art dari Jambi
Juara 2 @indsafxx dari Lamongan, Jatim
Juara 3 @ilustrasikuu dari PSDKU Udinus Kediri

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya