SOLOPOS.COM - Dokumentasi kegiatan AM.SKO, kelompok Hibah MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka) UNS) Solo, melaksanakan kegiatan pengabdian di Dukuh Jlopo, Desa Gedangan, Kecamatan Grogol, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO–AM.SKO, kelompok Hibah MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka) Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, melaksanakan kegiatan pengabdian di Dukuh Jlopo, Desa Gedangan, Kecamatan Grogol, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah.

Kegiatan pengabdian ini dilakukan mahasiswa guna memenuhi rekognisi mata kuliah Kuliah Kerja Nyata (KKN) pada program Hibah MBKM UNS. Serangkaian kegiatan pengabdian ini dilakukan selama periode Hibah MBKM yakni pada bulan Februari-Juni 2024.

Promosi Fokus Segmen UMKM & Ultra Mikro, Analis Rekomendasikan Saham BBRI

Tim AM.SKO yang diketuai Dyah Ayu Saraswati Adimudra atau yang akrab disapa Saras dengan di bawah bimbingan Isma Aziz Fakhrudin dan Annisa Nur Khasanah bersama sembilan anggota lainnya menjalankan berbagai program pengabdian di Dukuh Jlopo guna mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan.

“Sustainable Development Goals (SDGs) yang dalam bahasa Indonesia berarti Tujuan Pembangunan Berkelanjutan merupakan serangkaian 17 tujuan global yang ditetapkan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada tahun 2015 untuk dicapai pada tahun 2030,” kata Dyah Ayu melalui keterangan resmi yang dikutip Solopos.com, Rabu (12/6/2024).

Dari 17 tujuan yang ada, AM.SKO menjalankan 6 tujuan pembangunan di antaranya adalah mewujudkan kesehatan yang baik dan kesejahteraan, pendidikan bermutu, akses air bersih dan sanitasi, produksi dan konsumsi yang bertanggung jawab, penanganan perubahan iklim, dan menjaga ekosistem darat.

Program pengabdian ini memiliki 10 program kerja yang sangat menarik di antaranya Edukasi NCDs, Sci-Fi Practicum, Eco Greenscape, Through Heritage, Safe and Aware Disaster Education (SADE), Water for Better Life, Stamp Cash, Fertile Flow, Revital Wrap, dan Clean Sentry.

1. Edukasi NCDs

Serangkaian kegiatan AM.SKO di Dukuh Jlopo diawali dengan program Edukasi NCDS: Penyakit Tidak Menular oleh Christin Febriana Pratiwi. Warga Dukuh Jlopo, terutama ibu-ibu, memiliki wawasan terkait diabetes, hipertensi, stroke, dan lain-lain sehingga mampu meningkatkan kewaspadaan pada ibu-ibu.

Kegiatan ini mendukung tujuan pembangunan berkelanjutan nomor 3 mengenai kesehatan yang baik dan kesejahteraan karena edukasi mengenai penyakit tidak menular yang dilangsungkan meningkatkan kesadaran dan pengetahuan ibu ibu RT 05.

2. Sci-Fi Practicum

Sci-Fi Practicum disampaikan Khoirul Nur Adhi. Kegiatan ini mendukung tujuan pembangunan berkelanjutan nomor 4 mengenai pendidikan bermutu karena kegiatan praktikum yang dilangsungkan memberikan pengalaman nyata kepada anak anak TK 02 Gedangan terhadap praktikum sains dan meningkatkan pengetahuan dan eksplorasi.

3. Eco Greenscape

Edukasi tanaman dan sayuran disampaikan oleh Bilqis Afifah Prabaningrum. Kegiatan ini dimaksudkan untuk mendukung ketercapaian tujuan pembangunan berkelanjutan nomor 15 yakni menjaga ekosistem darat.

4. Through Heritage

mbkm uns solo
Kegiatan kelompok Hibah MBKM Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo di Dukuh Jlopo, Desa Gedangan, Kecamatan Grogol, Kabupaten Sukoharjo. (Istimewa).

Sedangkan Through Heritage : Pelestarian permainan tradisional yang disampaikan oleh Diva Charismareta bertujuan untuk mempererat hubungan pertemanan antar anak-anak di Dukuh Jlopo dan mengurangi penggunaan gadget sehingga mengurangi kecanduan gadget.

Kegiatan ini mendukung tujuan pembangunan berkelanjutan nomor 4 mengenai pendidikan bermutu karena kegiatan bermain permainan tradisional yang dilangsungkan memberikan pengalaman nyata kepada anak-anak Gedangan terhadap permainan yang tidak bergantung pada gadget yang saat ini menjadi salah satu kecanduan terbesar pada anak, permainan tersebut dapat meningkatkan kemampuan motorik dan sensorik anak serta kemampuan kerja sama.

5. Safe and Aware Disaster Education (SADE)

SADE: Safe and Aware Disaster Education dilaksanakan oleh Helga Putri Chrisanda. Mitigasi bencana dilakukan untuk mencegah situasi darurat seperti banjir. Sosialisasi kepada siswa dilaksanakan melalui penggunaan games interaktif berbasis permasalahan.

Siswa diajak untuk mengetahui faktor-faktor penyebab banjir dan melakukan simulasi gempa bumi. Kegiatan SADE ditutup dengan edukasi mengenai cara-cara penanganan pertolongan pertama untuk orang pingsan sebagai keterampilan dasar dalam membantu orang lain yang membutuhkan.

Kegiatan ini mendukung tujuan pembangunan berkelanjutan nomor 13 yaitu penanganan perubahan iklim karena meningkatkan pemahaman anak mengenai mitigasi bencana.

6. Water for Better Life

Water for Better Life : Edukasi Kualitas Air Bersih dibawakan oleh Isma Fuaida Khasanah. Kegiatan ini mengedukasi Ibu Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) sekitar mengenai kriteria dan pentingnya menggunakan air bersih untuk konsumsi sehari-hari.

Kegiatan ini dimaksudkan untuk mendukung ketercapaian tujuan pembangunan berkelanjutan nomor 6 yakni akses air bersih dan sanitasi.

7. Stamp Cash

Stamp Cash adalah edukasi pengelolaan keuangan sederhana oleh Dyah Ayu Saraswati A. Ketercapaian dari kegiatan ini adalah meningkatnya kesadaran anak-anak terhadap pentingnya mengelola keuangan sejak dini mulai dari membentuk kebiasaan menabung. Kegiatan ini turut mendukung tujuan pembangunan berkelanjutan nomor 4 yakni pendidikan bermutu.

8. Fertile Flow

Fertile Flow adalan pemanfaatan limbah organik rumah tangga menjadi pupuk oleh Ayu Gunaningtyas. Kegiatan ini mengajak peserta untuk mengolah limbah organik rumah tangga menjadi pupuk cair yang bernilai guna. Kegiatan ini turut mendukung tujuan pembangunan berkelanjutan nomor 12 yakni produksi dan konsumsi yang bertanggung jawab.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya