SOLOPOS.COM - Ratusan orang tua atau wali murid memadati kantor Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Solo pada hari pertama Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) tahun lalu. Foto diambil tahun lalu. (Solopos.com/Dhima Wahyu Sejati)

Solopos.com, SOLO—Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Solo memperkirakan tren pendaftar SMP dari luar kota pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2024 di Kota Solo masih tinggi. Pihaknya mengantisipasi agar penumpukan di Kantor Disdik seperti tahun lalu tidak terulang.

Kepala Disdik Kota Solo, Dian Rineta, mengatakan pendaftar dari luar kota yang meminati SMP di Kota Solo dari tahun ke tahun selalu tinggi. 

Promosi Direksi BRI Kompak Borong Saham BBRI, Siratkan Optimisme Kinerja Perusahaan

Catatan Solopos.com, pada 2023 tercatat terdapat pendaftar luar kota mencapai ribuan orang. Hal itu diketahui pendaftar luar kota yang membuat akun pada sistem Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Kota Solo.

Bahkan di hari pertama pendaftaran PPDB SMP, ratusan orang tua atau wali murid memadati kantor Disdik Kota Solo untuk melakukan verifikasi akun. Sontak kantor Disdik riuh membuat petugas kewalahan.

Akhirnya, SMP negeri di Solo menerima 874 siswa dari luar kota pada PPDB 2023. Angka tersebut menjadi yang paling banyak selama PPDB SMP diselenggarakan di Kota Bengawan. Sebaran siswa luar kota pada 2023 rata-rata di SMPN perbatasan seperti SMPN 24, SMPN 25, SMPN 26, dan SMPN 27. Mereka kebanyakan berasal dari Karanganyar dan Sukoharjo.

Dian mengatakan sudah melihat tren yang agak berbeda. Tahun ini dia memperkirakan pendaftar luar kota tidak hanya menyasar sekolah-sekolah yang berada di perbatasan kota, namun sekolah di tengah kota.

“Itu tidak bisa dibendung. Tidak hanya sekolah tertentu yang diminati oleh teman-teman luar kota, tapi sekarang merata. Sebagian calon peserta didik dari luar kota mendaftar lewat jalur Prestasi dan Zonasi,” kata dia ketika ditemui Solopos.com, belum lama ini.

Dinas Pendidikan Kota Solo mengantisipasi membeludaknya pendaftar luar kota agar pelayanannya lebih efektif dalam PPDB SMP tahun ini. Dian mengatakan sudah menyiapkan tim untuk melayani masyarakat selama PPDB berlangsung. 

“Kami siapkan SDM dan informasi yang lebih akurat. Kami juga sudah komunikasi dengan teman-teman dinas kabupaten yang lain,” kata dia. 

Meski boleh mendaftar, pihaknya menegaskan semua calon peserta didik (CPD) baru dari luar Kota Solo akan diseleksi jika daya tampung SMP belum terpenuhi oleh CPD dari dalam kota.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya