SOLOPOS.COM - Petugas melayani calon siswa baru saat pembuatan akun pada pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di SMAN 1 Solo, Selasa (11/6/2024). (Solopos/Joseph Howi Widodo)

Solopos.com, SOLO—Cabang Dinas (Cabdin) Pendidikan Wilayah VII Provinsi Jawa Tengah (Jateng) menjamin pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru atau PPDB 2024 tidak ada kecurangan dan dijalankan secara transparan.

Kasi SMA & SLB Cabdin Pendidikan Wilayah VII Jateng, Edi Purwanto, mengatakan saat ini ini proses pendaftaran akun sudah hampir selesai dan akan masuk pada tahap pendaftaran sekolah.

Promosi BRI Peduli Salurkan Bantuan CSR di SDN 01 dan 02 Gunung Geulis Bogor

Berkaca maraknya kecurangan berupa praktik titip siswa dari berbagai pihak yang terjadi di daerah lain, Edy memastikan tidak akan ada praktik yang memanfaatkan orang dalam semacam itu di Kota Solo.

Terlebih menurut dia, semua proses PPDB tingkat SMA di Jawa Tengah, termasuk di Kota Solo diawasi dan diaudit oleh berbagai pihak.

“Jadi PPDB online itu tidak hanya kami yang menjalankan, tapi juga dipantau oleh pihak-pihak terkait, termasuk dari Ombudsman, kami diminta untuk membuat pakta integritas. Jadi kami sudah semaksimal mungkin menjamin bahwa PPDB ini berjalan adil,” kata dia ketika ditemui Solopos.com di kantornya, Senin (24/6/2024).

Selain itu, menurut dia, manfaat dari PPDB online adalah keterbukaan. Dengan begitu masyarakat bisa dengan mudah memantau jalannya pelaksanaan PPDB secara langsung.

“Kalau nanti ada permasalahan, pasti masyarakat akan mengadu, dan biasanya mengadu juga ke sini [Kantor Cabdin Wilayah VII di Jl. Slamet Riyadi Solo],” kata dia.

Dia melanjutkan lantaran proses pendaftaran masih terus berjalan, belum ada aduan terkait indikasi kecurangan di Kota Solo. Selama ini aduan yang masuk masih bersifat teknis.

“Yang datang ke sini aduanya sifatnya masih teknis, misal terkait permasalahan KK, NIK, dan lainnya,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya