SOLOPOS.COM - Truk tangki pengangkut bahan bakar minyak terbakar di tol Solo-Ngawi atau di dekat exit tol Ngawi, Jawa Timur, Selasa (25/6/2024) malam. (Istimewa)

Solopos.com, NGAWI–Ulasan tentang truk tangki pengangkut bahan bakar minyak (BBM) terbakar di tol Solo-Ngawi atau di dekat exit tol Ngawi, Jawa Timur, Selasa (25/6/2024) malam, menjadi berita terpopuler laman Solopos.com, Rabu (26/6/2024). Dari video yang tersebar, api yang membakar truk tangka tersebut semakin membesar dan membubung tinggi.

Berita terpopuler tersebut mengungkap truk tangki milik Pertamina berkapasitas 24.000 liter itu mengalami kebakaran hebat di tol Ngawi-Kertosono Km 580, masuk Desa Jururejo, Kecamatan Ngawi, Kabupaten Ngawi. Sopir dan kernet truk tangki itu berhasil menyelematkan diri.

Promosi Layanan Wealth Management BRI Sabet Penghargaan Internasional di Inggris

Truk tangki berisi BBM jenis Pertalite itu berhasil dipadamkan oleh petugas pemadam kebakaran. Truk tersebut ludes terbakar dan tinggal kerangkanya saja.

Komandan Regu Damkar Ngawi, Lilik Kukuh Junianto, mengatakan pemadaman truk tangki itu membutuhkan waktu sekitar 55 menit lantaran yang terbakar merupakan bahan bakar minyak. Damkar Ngawi pun menerjunkan tiga unit mobil dengan menghabiskan enam tangki air untuk memadamkan api.

“Kesulitannya karena ini yang terbakar mengangkut minyak jadi cara pemadamannya beda dengan api biasanya. Setelah api padam tadi dilakukan pemadaman yang api-api kecil itu oleh petugas tol dan kami lakukan pembasahan dengan dua tangki lagi,” ungkapnya, Selasa malam.

Sedangkan untuk kondisi arus lalu lintas di jalan tol tersebut mengalami macet total. Seluruh kendaraan dari arah Solo maupun Madiun semuanya berhenti. Kedua lajur tol tidak bisa dilalui sama sekali.

Sopir truk tangki Pertamina yang terbakar, Sugeng Triyanto, mengatakan peristiwa ini bermula saat truk tangki berisi BBM tersebut berjalan dari Madiun hendak menuju Ngawi. Setibanya di tol Ngawi-Kertosono KM 580, dirinya mendengar suara gesekan dari belakang truk. Setelah dicek ternyata ada sumber api dari bagian belakang truk.

“Saya dengar suara gesekan dari kiri belakang dan langsung menepi. Lalu ada percikan api kecil ternyata kampas rem sebelah kanan,” kata warga Kecamatan Dagangan, Kabupaten Madiun itu.

Simak 10 berita terpopuler Solopos.com 24 jam terakhir hingga Rabu (26/6/2024) pagi: 

  1. Truk Tangki Pengangkut BBM Terbakar Hebat di Tol Ngawi
  2. Hidden Gem, Mencicipi Empuknya Bebek Bumbu Hitam di Gang Kampung Boyolali
  3. Enam BUMDes Terbaik di Karanganyar Terima Penghargaan
  4. Gibran Salurkan Gerobak Dagang untuk PKL di Balai Kota Solo
  5. Mengenal Gelandang Serang Timnas Indonesia U-16 Fandi dari Masaran Sragen
  6. MWA UNS Tetapkan 5 Bakal Calon Rektor 2024-2029, Ini Daftarnya
  7. Daftar Cabup di 5 Parpol, Staf Presiden Ingin Head to Head di Pilkada Sragen
  8. Bangunan Petilasan Danyang Bagat di Kenokorejo Sukoharjo Terbakar
  9. Bakal Cawali Solo Diah Warih Jalani Fit and Proper Test di DPP PKB
  10. Stok Beras di Gudang Bulog Solo 24.000 Ton, Masyarakat Diimbau Tak Khawatir

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya